Perdarahan Uterus Abnormal ~ Kedokteran dan Kesehatan

Friday, October 5, 2018

Perdarahan Uterus Abnormal

A.           Definisi Perdarahan Uterus Abnormal
Perdarahan uterus abnormal didefinisikan sebagai variasi dari siklus menstruasi termasuk perubahan dalam keteraturan dan frekuensi menstruasi, durasi atau banyaknya jumlah kehilangan darah (Munro MG, dkk, 2011).
Deskripsi klasik dari perdarahan uterus abnormal yakni berdasarkan siklisitas dan kuantitas aliran darah menstruasi yang keluar. Meskipun persepsi pasien mengenai perdarahan yang dialami belum tentu bisa dihitung, akan tetapi persepsi pasien menjadi hal penting untuk rencana manajemen perdarahan uterus abnormal. Perdarahan uterus abnormal memberikan dampak pada kualitas kehidupan wanita (ACOG, 2009).
Perdarahan uterus normal (AUB) didefinisikan sebagai perubahan dalam pola atau volume aliran darah menstruasi. Dua utama kategori AUB adalah perdarahan menstruasi yang berat atau tidak teratur. Gangguan haid adalah masalah kesehatan ginekologis yang paling umum di Amerika Serikat, dan perdarahan menstruasi yang berat mempengaruhi 30% wanita selama masa reproduksi mereka (Barnard K, dkk, 2003).

B.            Terminologi  Perdarahan Uterus Abnormal


Sumber : Abnormal Uterine Bleeding in Pre-Menopausal Women, Journal of Obstetrics and Gynaecology Canada, Mei 2013

C.           Penyebab Perdarahan Uterus Abnormal ber­­­­­­­­dasarkan PALM-COEIN

Kelompok PALM merupakan kelompok kelainan struktur penyebab perdarahan uterus abnormal yang dapat dinilai dengan berbagai teknik pencitraan dan atau pemeriksaan histopatologi. kelompok PALM Kelompok COEIN adalah merupakan kelompok kelainan non struktur penyebab perdarahan uterus abnormal yang tidak dapat dinilai dengan teknik pencitraan atau hstopatologi.
 Sumber : Abnormal Uterine Bleeding in Pre-Menopausal Women, Journal of Obstetrics and Gynaecology Canada, Mei 2013

0 comments:

Post a Comment